**

Tuesday, October 8, 2013

PEGAGAN UNTUK HIPERTENSI DAN AMBEIEN

floracafe
Pegagan merupakan gulma yang banyak tumbuh di ladang dan tersebar luas di seluruh Indonesia. Tanaman menahun dengan batang menjalar ini, seperti disebutkan dalam buku '100 Top Tanaman Obat Indonesia' memiliki bentuk daun unik seperti 'kaki kuda'. Dengan manfaat kesehatan yang begitu besar bagi manusia.
Disebutkan dalam buku yang dikeluarkan oleh Balai Besar Litbang Tanaman Obat dan Obat Tradisional, Kementerian Kesehatan, pegagan (Centella asiatica (L.) Urban) dikenal sebagai tanaman tonik otak. Disebut demikian karena mengonsumsi air rebusan daun ataupun herbanya oleh mereka yang berusia lanjut dapat membantu mengurangi terjadinya kepikunan.

Rebusan herba pegagan juga dapat membantu menurunkan tekanan darah serta mengobati wasir. Sementara pada penggunaan topikal, berba pegagan mampu membantu menyembuhkan luka dan mencegah terjadinya keloid.

Hanya ada peringatan, kalau pegagan sebaiknya tidak dikonsumsi oleh pasien yang memiliki gangguan fungsi hati. Pegagan juga sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil karena memiliki efek yang berpotensi abortifum.
Sumber:
http://www.sehatnews.com/n
***

No comments:

Post a Comment