Rabu, 18 September 2013

Macam2 Ramuan Obat Sakit Mata

SAKIT MATA Kemangi Sakit mata merupakan keluhan yang sangat umum terjadi akhir-akhir ini dan merupakan penyakit yang sangat mengganggu aktivitas manusia. Polusi udara dan kelelahan akibat terlalu terforsirnya kerja mata, seperti terlalu lama menatap layar komputer, merupakan penyebab yang sering dialami oleh penderita sakit mata. Selain itu, sakit mata juga bisa terjadi karena adanya peradangan lapisan penutup bola mata dan kelopak mata akibat infeksi dan iritasi yang disebabkan baik oleh bakteri maupun virus. Sakit mata juga bisa diakibatkan karena adanya gangguan mata bawaan atau sering disebut dengan istilah glaukoma. Glaukoma terutama terjadi pada mereka yang memiliki orang tua dengan riwayat kesehatan mata buruk, sehingga gangguan mata pada orang tua bisa menurun pada anaknya. Sakit mata yang disebabkan oleh infeksi bakteri maupun virus sangat berpotensi menular pada orang lain. Penularan tersebut terjadi karena adanya kontak antara cairan mata orang yang terserang sakit mata tersebut dengan orang yang masih sehat. Jadi penularan sakit mata tidak terjadi hanya semata-mata memandang orang yang sakit mata. Sakit mata dapat berakibat fatal jika tidak segera ditangani. Pencegahan terhadap penyakit ini harus diprioritaskan karena mata adalah organ terpenting bagi manusia sehingga diperlukan perawatan yang baik. Penanganan dini dengan cara yang tepat akan mempercepat penyembuhan sakit mata yang Anda alami. Banyak ramuan obat tradisional yang bisa digunakan untuk mengobati sakit mata. Pada artikel ini kami menyajikan resep tradisional obat sakit mata yang bisa Anda coba saat Anda atau keluarga Anda mengalami sakit mata. Berikut ini beberapa ramuan herbal tradisional untuk mengobati sakit mata :

RAMUAN OBAT TRADISIONAL UNTUK MENGOBATI SAKIT MATA

Resep Obat Mata
1 Bahan Kayu secang (Caesalpinia sappan)
5-10 cm Air bersih 1 gelas Cara Aduk kayu secang dalam air bersih. Teteskan airnya pada mata 1-3 x 1 hari sebanyak1-3 tetes.

 Resep Obat Mata
2 Bahan Pucuk daun waru laut (Hibiscus tiliaceus) 2-3 lembar Bawang merah (Allium cepa) 1-2 siung Madu 1 sendok teh Cara Membuat Cuci sampai bersih pucuk daun waru laut dan bawang merah, lalu tumbuk hingga halus. Tambahkan madu, peras. Minum 2-3 x 1 hari.

Resep Obat Mata
3 Bahan Buah mengkudu (Morinda ctrifolia) 1-2 buah Tuak aren 1 gelas Cara Membuat Cuci sampai bersih buah mengkudu, lalu parut. Tambahkan tuak aren, campur hingga rata, peras. Minum 1-2 x 1 hari.

Resep Obat Mata 4
Bahan Daun turi (Sesbania grandiflora) muda 10-15 gr Adas 4-5 gr Kapur sirih 4-5 gr Cara Membuat Campur daun turi dengan adas dan kapur sirih, lalu remas-remas. Tempelkan pada alis mata 1-2 x 1 hari selama 15-30 menit
.
Resep Obat Mata 5
Bahan Biji kemangi (Ocimum sanctum) tua 1 butir Cara Masukkan biji kemangi pada mata, lalu tutup sebentar. Buka lagi mata sehingga biji keluar dengan sendirinya sebagai tahi mata.

Resep Obat Mata 6
Bahan Daun sirih hutan (Piper amboinensis) 2-3 lembar Air bersih 1 gelas Cara Cuci sampai bersih daun sirih hutan, lalu rebus sampai mendidih, dinginkan. Gunakan untuk mencuci mata. Lakukan 2-3 x 1 hari sebanyak ½-1 gelas.

Resep Obat Mata 7
Bahan Daun pandalihu tibungu (Hyptis rhomboidea) muda 5 lembar Air dingin 1 gelas Cara Cuci sampai bersih daun, lalu remas dan tambahkan air dingin. Gunakan untuk mencuci mata. Lakukan 1-3 x 1 hari sebanyak 1 gelas.

Resep Obat Mata 8
Bahan Bunga kitolot (Isotoma longiflora) 1 tangkai Air bersih Cara Celupkan sebentar bunga kitolot ke dalam air. Teteskan air di pangkal bunga kitolot pada mata. Lakukan 2-3 x 1 hari sebanyak 2-3 tetes.

Resep Obat Mata 9
Bahan Batang bambu cangkoreh (Dinocloa scandens) 1 ruas Cara Potong batang bambu cangkoreh. Teteskan air yang keluar dari batang bambu cangkoreh pada mata. Lakukan 1-2 x 1 hari sebanyak 2-3 tetes.

Resep Obat Mata 10
Bahan Kantong semar (Nepenthes gymnamphora) 1 kantong Cara Teteskan air yang ada di dalam kamtong semar yang masih tertutup rapat pada mata. Lakukan 1-2 x 1 hari sebanyak 2-3 tetes.

Resep Obat Mata 11
Bahan Daun bingbin (Pinanga coronata) muda 1-2 lembar Cara Remas-remas daun bingbin sampai keluar airnya. Teteskan pada mata 1-2 x 1 hari sebanyak 2-3 tetes.

Resep Obat Mata 12
Bahan Batang pacing (Costus spiciosus) 1 ruas Cara Teteskan air yang ada dalam batang pacing pada mata 1-2 x 1 hari sebanyak 2-3 tetes.

Resep Obat Mata 13
Bahan Tapak liman kering 25 gr Air bersih 3 gelas Cara Membuat Ambil tapak liman, cuci sampai bersih, rebus dan biarkan hingga air tersisa 2 gelas. Angkat, dinginkan, saring. Minum 2 x 1 hari, setiap kali minum sebanyak 1 gelas.

Resep Obat Mata 14
Bahan Seledri 2 tangkai Daun kemangi (Ocimum sanctum) 1 tangkai Daun bayam 2 tangkai Air panas 1 gelas Cara Membuat Cuci sampai bersih daun kemangi, seledri, daun bayam, lalu tumbuk hingga halus, setelah itu seduh dan saring. Minum ramuan herbal seledri.

RAMUAN OBAT TRADISIONAL UNTUK MENGOBATI MATA MERAH
Bahan Daun sirih (Piper betle) 7 lembar Air bersih 2-3 gelas Cara Cuci sampai bersih daun sirih, lalu rebus sampai mendidih, dinginkan. Bersihkan mata. Lakukan 2-3 x 1 hari.

RAMUAN OBAT TRADISIONAL UNTUK MENGOBATI MATA KURANG TERANG Resep Obat Mata 1 Bahan Daun tembakau (Nicotiana tabaccum) 1 lembar Cara Remas-remas daun tembakau. Teteskan pada mata 2 x 1 hari sebanyak 1-2 tetes. Resep Obat Mata 2 Bahan Daun sirih (Piper betle) 7 lembar Air bersih 2-3 gelas Cara Cuci sampai bersih daun sirih, lalu rebus sampai mendidih, dinginkan. Bersihkan mata. Lakukan 2-3 x 1 hari.

RAMUAN OBAT TRADISIONAL UNTUK MENGOBATI MATA INFEKSI Bahan Getah patikan kerbau (Euphorbia hirta) 2-3 tetes Cara Teteskan getah patikan kerbau pada mata 2 x 1 hari sebanyak 2-3 tetes.

RAMUAN OBAT TRADISIONAL UNTUK MENGOBATI MATA BELEKAN Resep Obat Mata 1 Bahan Batang sirida (Glyricidia maculata) 3-5 tetes Cara Potong batang sirida, lalu ambil airnya. Teteskan pada mata 2 x 1 hari sebanyak 3-5 tetes. Resep Obat Mata 2 Bahan Batang bambu tamiang (Schizostachyum blumei) 2-3 tetes Cara Potong batang bambu tamiang, lalu ambil airnya. Teteskan pada mata 1 x 1 hari sebanyak 2-3 tetes.


Sumber
http://herbaobatku.blogspot.com/2013/07/mata.html#

0 komentar:

Posting Komentar