**

Thursday, March 28, 2013

7 Makanan & Minuman Yang Paling Banyak Dipalsukan

      Sekarang sulit menemukan produk makanan yang murni dan terjangkau harganya, agar mendapat untung banyak, sebagian produsen mencampur produknya dengan bahan yang lebih murah, bagaimana jika bahan campurannya ternyata berbahaya?


      Journal of Food Science menganalisis 1,054 data dari riset ilmiah dan 251 pemberitaan media mengenai produk makanan palsu. 

      Berikut daftar bahan makanan dan minuman yang paling marak dipalsukan:



1. Minyak zaitun 



      Selama ini minyak zaitun dianggap sebagai minyak yang paling menyehatkan. Namun, Anda perlu memastikan minyak zaitun yang Anda beli 100% murni agar manfaatnya optimal. Soalnya, jenis-jenis minyak lain sering ditambahkan ke dalamnya, misalnya minyak jagung, hazelnut, atau kelapa sawit.


2. Susu



      Pemalsuan susu di Cina dan India mungkin akan membuat Anda tercengang. 

      Bahan yang digunakan bermacam-macam, mulai dari yang aman dikonsumsi seperti air, gula tebu, dan tepung tapioka, hingga bahan kimia berbahaya seperti caustic soda (untuk saluran air tersumbat), deterjen (agar muncul busa di susu), pupuk urea, dan formalin.


3. Madu




       Menurut artikel yang ditulis Huffington Post, sepertiga madu yang ada di Amerika Serikat berpotensi tercemar. Bisa jadi botol yang diberi label 'madu' sebenarnya berisi sirup jagung, glukosa, atau fruktosa yang kental dan berwarna keemasan. Bahkan, madu yang diimpor dari Cina berpotensi terkontaminasi antibiotik chloramphenicol dan logam berat.
4. Saffron
      Tak heran jika saffron kerap dipalsukan. Pasalnya, inilah rempah termahal di dunia. Bahan-bahan yang sering digunakan untuk membuat saffron palsu adalah serbuk cendana, tepung, pewarna kuning, dan benang gelatin

5. Jus Jeruk
      Belum lama ini, Amerika dikejutkan dengan orange juice yang terkontaminasi fungisida. Namun, tak banyak yang tahu bahwa orange juice yang sering kita minum bisa mengandung sari grapefruit, ekstrak bunga marigold, gula jagung, dan ekstrak paprika.
6. Kopi
      Kopi pun tak luput dari pemalsuan. Di dalamnya bisa terkandung chicory, jagung panggang, karamel, malt, glukosa, kacang-kacangan, dan maltodextrin.
7. Jus Apel
      Ternyata, jus apel bisa mengandung arsenik! Zat berbahaya ini dapat terkandung secara alami atau ditambahkan oleh manusia. Sirup jagung tinggi fruktosa, pemanis dari kismis, dan malic acid sintetis mungkin terdapat di dalamnya.
      Banyak nya makanan dan minuman yang dipalsukan, bukan berarti kita berhenti mengkonsumsinya bukan? Yang terpenting adalah bagaimana kita melindungi diri kita dan orang yang kita sayangi dari ancaman bahaya akibat mengkonsumsi makanan minuman diatas, dengan menggali dan mencari tahu lebih banyak tentang makanan minuman yang akan kita konsumsi. 
      Tetaplah selalu cerdas sebagai konsumen dan kritis terhadap kualitas, bukan hanya demi masa depan kita, tapi juga mereka yang kita sayangi.
*Dari berbagai sumber
***

No comments:

Post a Comment