**

Friday, November 23, 2012

Palestinku Sayang,Palestinku Malang !

Kenapa Membela PalestinaKenapa umat Islam harus membela Palestina. Palestina tidak pernah sepi dari pemberitaan. Negeri yang terjajah ini memang selalu menjadi perbincangan diantara kaum muslim maupun dunia internasional. Belakangan yang sering terdengar adalah rencana pembangunan kuil sulaiman di komplek masjid al aqsa, berarti secara perlahan ini menandakan hilangnya masjid Al Aqsa. Sampai-sampai di negara kita tercinta Indonesia, khususnya kota Jakarta, sempat ada sekelompok orang yang mengadakan aksi solidaritas untuk kemerdekaan rakyat Palestina. Kenapa orang-orang dalam kumpulan peserta aksi itu, yang katanya sampai ratusan ribu orang, rela aksi turun kejalan demi kemerdekaan bangsa lain? Lalu kenapa harus membela Palestina? Mereka orang asing, negara yang jauh dari negara kita, serumpun saja tidak.Sering sekali terlontar pertanyaan dari beberapa orang kepada sebahagian orang lain yang selalu membela Palestina. Yah rata-rata sih pertanyaannya “Kenapa Membela Palestina?” Pertanyaan yang seharusnya mudah dijawab, tetapi terkadang sulit untuk memberikan pemahaman dari jawaban kita yang sudah jelas tersebut. Jika ditanya kenapa weblog rioap mengangkat tema tentang Palestina? Akan terjawab dengan mudah. Ada beberapa point penting bisa dijadikan jawaban pamungkas.

  • Yang pertama, sesama muslim adalah bersaudara jika saudaranya tersakiti, yang lainnya akan merasakan sakitnya. Bukan berarti tersakiti berarti harus membalas dendam, tetapi kedzaliman tidak bisa didiamkan begitu saja.
  • Kedua, Palestina memang tanah para nabi umat Islam. Di Palestina pula terdapat masjid Al Aqsa yang menjadi arah kiblat shalat pertama umat muslim, sebelum akhirnya berpindah ke Ka’bah di Masjidil Haram.
  • Ketiga, bangsa Indonesia adalah bangsa yang kenyang dengan penjajahan. Yang dulu juga memiliki nasib yang sama dengan bangsa Palestina. Terjajah, tertindas dan terdzalimi di tanah airnya sendiri. Hingga saat ini Indonesia merdeka. Dan jelas dalam Preambule UUD 1945 tertulis bahwa, “…Penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan…”. Maka seharusnya bangsa Indonesia bersikap bahwa penjajahan zionis israel laknatullah kepada bangsa Palestina harus segera dihapuskan!
Seharusnya dengan memberikan tiga jawaban mendasar diatas cukup jelas menjawab pertanyaan “Kenapa Membela Palestina?”. Mungkin juga memberikan pemahaman yang tidak terlalu sulit untuk semua orang.
Sedikit tambahan melanjutkan 3 point diatas, weblog rioap mencoba mencari sedikit informasi penting tentang Palestina. Informasi dari berbagai sumber yang insya Allah otentik. Informasi yang berguna tentang negara Palestina, sehingga memberikan sedikit pengetahuan untuk kita yang belum banyak mengetahui Palestina. Oke, walaupun penjelasan diweblog ini tidak rinci, setidaknya membuktikan sesuatu yang besar sedang terjadi ditanah terjajah Palestina sana. Cukup membuktikan agar kita lebih peduli kepada tanah Palestina.
Jadi kenapa pada awalnya bangsa yahudi menjajah tanah Palestina dan mendirikan negara zionis israel, antara lain adalah karena bangsa yahudi menganggap Palestina adalah tanah nenek moyang mereka. Ingat cerita nabi-nabi bangsa yahudi terdahulu? Maka ketika bangsa yahudi terusir keluar dari tanahnya, saat ini mereka harus kembali ke tanah nenek moyangnya kembali. Tetapi mereka bukannya sekedar kembali ke tanah kelahiran moyangnya, mereka juga menindas bahkan mengusir penduduk asli Palestina. Oh iya, perlu jadi cacatan disini bahwa saya menyebut penduduk Palestina yang berarti dengan berbagai macam suku atau agamanya. Menurut sejarahnya, bangsa yahudi sudah menjajah Palestina sejak tahun 1948, dibantu oleh penjajahan oleh inggris yang awalnya sudah menjajah tanah Palestina sejak 1917. Perlu diingat lagi, bahwa orang yahudi itu Menjajah sudah 62 tahun. Kenapa menjajah? Karena mereka datang bukan hanya untuk tinggal di Palestina, tetapi mendirikan negara zionis buatan mereka. Pertama menindas lalu akhirnya mengusir penduduk asli Palestina hingga hari ini. Itulah sekilas tentang awal penjajahan yang terjadi di tanah Palestina. Mengingatkan tentang penjajahan yang terjadi dinegara kita Indonesia kan?
tanah terjajah
Jika sejak tahun 1917 Palestina sudah di jajah oleh inggris, berarti bisa dikatakan Palestina itu terjajah sejak perang dunia pertama. Untuk gambar mungkin bisa langsung dilihat diwebsite OttomanPalestine. Di website berbahasa inggris itu ada sejarah singkat dan gambar sekitar tahun 1917 di Palestina. Gambar diatas menggambarkan peta antara tanah yang dimiliki warga asli Palestina tahun 1948 hingga tahun 2000. Bisa dilihat perbedaannya, warga asli menjadi minoritas saat ini. Sudah sedikit, tetap ditindas.
***

No comments:

Post a Comment